Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatur Ukuran Margin Halaman pada MS Word

Cara mengatur garis tepi margin di MS Word,- Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas mengenai cara memunculkan garis tepi margin pada lembar kerja MS Word, nah pada kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan tutorial yang masih berhubungan dengan margin di microsoft word, yakni cara mengatur ukuran margin pada lembar kerja MS Word. Lalu apa itu Margin? Margin dalam microsoft word adalah jarak pembatas antara lembar pengetikan dengan tepi halaman kertas. Jika Anda sudah mengaktifkan garis tepi margin pada MS Word maka anda bisa melihat dengan jelas margin pada lembar kerja MS Word.

Dimana margin ini sangat penting digunakan dalam sebuah tugas, misalnya saja proposal ataupun skripsi. Pada kedua tugas tersebut biasanya akan disuruh untuk mengatur tepian margin, hal ini dikarenakan jika nantinya dicetak dalam bentuk kertas maka akan sesuai dengan harapan. Maksudnya disini akan sesuai nantinya jika dijadikan dalam bentuk jilidan, tidak terlalu mepet pada bagian jilidan ataupun tidak terlalu lebar di bagian luar. Oleh karena itu kenapa mengatur margin pada lembar kerja MS Word cukup penting bagi sebagaian tugas.

Nah untuk mengatur garis tepian margin pada lembar kerja MS Word tidak sesulit yang dibayangkan, hanya saja kita sudah harus tahu ukuran margin yang akan digunakan nantinya. Karena jika ingin mengatur ukuran magin tentunya kita sudah tahu berapa ukuran yang nantinya akan digunakan. Ok langsung saja jika Anda ingin mengatur ukuran margin lembar kerja MS Word dengan ukuran yang anda kehendaki, berikut tutorialnya.

Cara Mengatur Margin Pada Lembar Kerja MS Word


Sedikit Tips nih, jika Anda sedang mengerjakan sebuah tugas yang mengharuskan mengatur margin, sebaiknya atur marginnya di awal sebelum pengerjaan. Jika tidak bisa-bisa tulisan yang sudah anda ketik akan berantakan.

Langkah #1 - Silahkan masuk ke menu page layout - margin - cutom margin.


Langkah #2 - Jika sudah maka akan muncul pengaturan page setup, nah disini silahkan atur sendiri ukuran margin yang Anda kehendaki.


Berikut Penjelasanya:
  • Margin – Top: untuk memberikan jarak dalam bagian atas
  • Margin – Bottom untuk memberikan jarak dalam bagian kanan
  • Margin – Left: untuk memberikan jarak dalam bagian kiri
  • Margin – Gutter: untuk mengatur batas kiri untuk bundelan atau jepitan kertas
  • Margin – Gutter Position: untuk menentukan letak penjilidan apakah di kiri atau di atas
  • Portrait: untuk mengatur posisi kertas menjadi vertical
  • Landscape: untuk mengatur posisi kertas menjadi horizontal

Nah dengan begitu Anda bisa mengatur margin lembar kerja MS Word sesuai ukuran yang anda keendaki, demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai tutorial MS Word, sekian dan terima kasih.

Post a Comment for "Cara Mengatur Ukuran Margin Halaman pada MS Word"