Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Footnote (Catatan Kaki) di MS Word

Cara membuat Footnote catatan kaki di MS Word,- Pernahkah Anda mendengar kata Footnote atau catatan kaki! Mungkin banyak dari Anda yang sudah mengetahuinya ataupun tidak. Catatan kaki adalah penjelasan dari sebuah kata yang sulit dimengerti atau jarang digunakan, yang dimana penjelasan tersebut biasanya terdapat pada bagian bawah halaman. Footnote atau catatan kaki ini biasanya menjelaskan kata yang tidak biasanya digunakan dalam sebuah kalimat, yang akhirnya diberikan tanda berupa angka kecil disamping kalimat tersebut, dan angka tersebut biasanya akan ditulis ulang beserta penjelasan dari kata yang berkaitan, biasanya sih dibagian bawah halaman.

Footnote atau catatan kaki ini berfungsi agar pembaca bisa memahami setiap kata dalam sebuah kalimat, jika ada kata yang tidak dimengerti maka bisa melihat catatan kaki atau Footnote. Catatan kaki biasanya terdapat pada halaman bagian bawah atau bagian belakang buku dan media cetak lainnya. Tidak cuman di media cetak, footnote juga banyak terdapat pada tugas, seperti tugas sekolah/kuliah, biasanya tugas tersebut dalam bentuk format dokumen (doc/docx) yang dimana proses pembuatanya menggunakan aplikasi Microsoft Word.

Microsoft Word memang memiliki banyak fitur untuk mempermudah dalam pengolahan kata, khususnya fitur catatan kaki atau Footnote, MS Word juga sudah menyediakannya. Untuk membuat catatan kaki di MS Word tidaklah sulit, atau bahkan sangat mudah sekali. Tidak percaya berikut cara membuat catatan kaki atau footnote di MS Word.

Cara Membuat Catatan Kaki (Footnote) di MS Word


Langkah #1 - Pertama silahkan buka lembar kerja Anda, kemudian cari tulisan yang ingin diberi catatan kaki atau footnote. Jika sudah tempatkan kursor tepat diakhir kata tersebut.

Langkah #2 - Selanjutnya masuk ke menu References lalu pilih fitur Insert Footnote, atau untuk cara cepatnya bisa tekan (Ctrl+Alt+F) pada keyboard.


Langkah #3 - Jika sudah, otomatis Anda akan dibawah ke bawah halaman untuk menuliskan penjelasan dari kata yang Anda beri footnote sebelumnya, silahkan tulis penjelasannya.


Langkah #4 - Nah jika sudah, bisa dicek footnotenya dengan mengarahkan kursor ke bagian kata yang sudah diberi Footnote sebelumnya, maka otomatis akan terlihat penjelasan yang sudah akan masukkan tadi.


Langkah #5 - Selesai.

Baca: Cara Menghilangkan Header dan Footer di MS Word

Nah mudah bukan cara memberi catatan kaki atau footnote di lembar kerja Microsoft Word, dengan begitu Anda bisa memberi semua kata yang belum dimengerti artinya dengan fitur Footnote tersebut. Sekian tips mengenai tutorial MS Word yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Footnote (Catatan Kaki) di MS Word"