Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Copy Paste Tulisan Arab Agar Tidak Terbalik di Word

Tutorial Ms Word,- Bagi pengguna komputer pasti tidak asing dengan yang namanya microsoft word, salah satu software dari office ini memang cukup populer sebagai software pengolah kata. Terlebih lagi ms word juga menjadi software unggulan dari perusahaan terbesar di dunia yaitu Microsoft. Banyak fitur serta tools yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah mengerjakan tugas menggunakan microsoft word ini, salah satunya support dengan segala jenis printer yang tentunya bisa dengan mudah mencetak lembar kerja ke dalam bentuk kertas. Membuat tugas apa saja menggunakan ms word juga sangat mudah seperti membuat proposal, makalah, skripsi, surat dan lain-lain, hal tersebut juga tidak lepas karena banyaknya fitur dari ms word.

Selain itu kita juga bisa dengan mudah copy paste di ms word, semisal kita mencopy tugas atau artikel dari internet, kemudian kita bisa langsung mempastenya di lembar kerja ms word. Tentunya hal tersebut sangat mempermudah pengerjaan tugas karena kita tidak perlu mengetik dalam menyelesaikan tugas tersebut. Dari beribu fitur dan manfaat dari ms word pasti memiliki kelemahan juga, disini mungkin yang paling sering dialami adalah tulisan atau teks arab berantakan saat di copy dari internet dan di paste di lembar kerja ms word. Mungkin alasan berantakannya karena belum ada database tulisan arab di ms word. Nah sebenarnya untuk mengatasi masalah tersebut cukup mudah, kita hanya perlu menggunakan media pihak ketiga, maksudnya disni kita terlebih dahulu mempaste tulisan arab yang kita ambil dari internet ke media pihak ketiga tersebut, jika sudah lalu tinggal kita paste lagi ke ms word. Untuk mengenai medianya bisa langsung dilihat di tutorial dibawah ini.

Cara Agar Tulisan Arab Tidak Berantakan Saat di Paste ke MS Word


Sebelum melakukan tutorial ini sedikit saya beritahukan bahwa tutorial ini saya menggunakan ms word 2007, jika anda pengguna ms word versi lain tutorial ini masih bisa untuk dilakukan.

Langkah #1 - Pertama silahkan buka lembar kerja MS Word.

Langkah #2 - Kemudian copy tulisan arab yang ada di internet, lalu buka software "Wordpad" tenang saja software ini bawaan dari ms word jadi pasti ada di komputer anda. Untuk cara cepat membukanya tekan tombol (Windows + R) pada keyboard, lalu akan muncul kotak pencarian. Silahkan kerikan "Wordpad" tanpa tanda petik di kolom pencarian.


Langkah #3 - Setelah itu otomatis wordpad akan muncul, silahkan paste tulisan arab yang sudah di copy tadi ke wordpad tersebut. Jika sudah copy lagi dan paste di MS Word.


Dengan begitu tulisan arab akan sama dengan yang ada di internet atau tidak akan berantakan/terbalik, demikian tutorial yang dapat saya bagikan dan terima kasih.

21 comments for "Tips Copy Paste Tulisan Arab Agar Tidak Terbalik di Word"

  1. terim kasih banyak gan, sangat membantu.
    soalnya saia memakai notepad dan google translate hasilnya tetap terbalik.

    *saya menggunakan office 2013

    ReplyDelete
  2. jazakumullah khoiron gan, makasih banyak infonyaa sangat membantu.

    ReplyDelete
  3. terimakasih banyak, sangat bermanfaat...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah ARTIKEL yang mencerdaskan Terima Kasih Mas... Sukses Berkarya terus za....

    ReplyDelete
  5. makasih ilmunya gan,, insyallah bermanfaat dunia akhirat,, amin

    ReplyDelete
  6. Jazakumullah khoyron katsiiron, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Artikel yang sangat bermanfaat.
    جزاك الله أحسن الجزاء

    ReplyDelete
  8. Jazakallah khoiir. sangat membantu.

    ReplyDelete
  9. terimakasih bantuannya, sangat bermanfaat sekali bagi saya sekeluarga

    ReplyDelete
  10. alhamdullillaa sangat membantu.. semoga bermanfaat untuk kita semua.. amiinn .....

    ReplyDelete
  11. Mantep tdk susah sekarang
    mengetik bhs arab di laptop
    Itu membuatku lebih mudah mencari materi ceramah

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah...Jazakallah khoiir.

    ReplyDelete
  13. Jazakumullah , sangat membantu........

    ReplyDelete

Komentar anda akan di moderasi terlebih dahulu baru akan di publish.