Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut ini yang Bukan Merupakan Partikel Penyusun Atom adalah?

Atom adalah unit terkecil dari suatu unsur kimia yang masih mempertahankan sifat-sifat kimia unsur tersebut. Atom terdiri dari inti atom yang terdiri dari proton (partikel bermuatan positif) dan neutron (partikel tanpa muatan) yang dikelilingi oleh elektron (partikel bermuatan negatif) yang bergerak dalam orbit mengelilingi inti atom.

Jumlah proton dalam inti atom menentukan jenis unsur kimia, sehingga atom dengan jumlah proton yang sama disebut sebagai atom unsur yang sama. Sifat-sifat kimia suatu unsur, seperti reaktivitas, massa atom, dan konfigurasi elektronik, ditentukan oleh jumlah proton, neutron, dan elektron dalam atom tersebut.

Konsep atom pertama kali diajukan oleh filsuf Yunani kuno, Democritus pada abad ke-5 SM, namun model atom yang lebih terperinci dikembangkan oleh tokoh-tokoh ilmuwan seperti John Dalton, JJ Thomson, Ernest Rutherford, dan Niels Bohr pada abad ke-19 dan ke-20.

Pertanyaan

Berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah ...

A. Proton
B. Neutron
C. Elektron
D. Kulit atom

Jawaban

Berikut ini yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah kulit atom.

Jawabannya adalah D. Kulit atom

Pembahasan

Yang bukan merupakan partikel penyusun atom adalah kulit atom. Kulit atom bukan termasuk partikel penyusun atom. Kulit atom, juga dikenal sebagai kulit elektron, adalah wilayah di sekitar inti atom yang ditempati oleh elektron.

Elektron memiliki massa yang sangat kecil dibandingkan proton dan neutron yang membentuk inti atom, sehingga kulit atom bukan termasuk partikel penyusun atom yang sebenarnya.

Inti atom terdiri dari proton dan neutron, yang memiliki massa dan memperoleh muatan positif (proton) atau tidak memiliki muatan (neutron). Elektron, di sisi lain, memiliki muatan negatif dan massa yang sangat kecil dibandingkan proton dan neutron.

Dalam model atom modern, elektron diperlakukan sebagai partikel dan gelombang, dan bergerak dalam orbit di sekitar inti atom dalam wilayah yang ditentukan oleh fungsi gelombang atom.

Baca juga: Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan karena?

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Berikut ini yang Bukan Merupakan Partikel Penyusun Atom adalah?" beserta jawaban dan penjelasan. Demikian artikel yang dapat kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Berikut ini yang Bukan Merupakan Partikel Penyusun Atom adalah?"