Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan karena?

Pengawet makanan adalah zat atau bahan yang ditambahkan ke dalam makanan untuk memperpanjang umur simpan dan mencegah kerusakan atau pembusukan makanan.

Tujuan dari pengawet makanan adalah untuk menjaga keamanan, kualitas, dan nilai gizi dari makanan, serta memperpanjang umur simpannya.

Pengawet makanan dapat berasal dari bahan-bahan alami seperti garam, gula, cuka, asam sitrat, atau bahan-bahan sintetis seperti natrium benzoat, natrium nitrit, atau propionat kalsium. Pengawet makanan juga dapat dikategorikan sebagai pengawet alami dan pengawet buatan.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan pengawet makanan harus dilakukan dengan bijak dan mematuhi batas-batas keamanan yang telah ditetapkan. Ketergantungan pada pengawet makanan buatan dapat memiliki dampak buruk pada kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan atau tidak tepat.

Oleh karena itu, penting untuk membaca label dan memahami bahan-bahan yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi.

Pertanyaan

Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan karena ...

A. Mempermudah dalam pengemasan untuk pendistribusian.

B. Mencegah reaksi kimia tertentu pada bahan makanan.

C. Membantu proses penumbuhan berbagai mikroorganisme pada bahan makanan.

D. Mencegah makanan dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu.

Jawaban

Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan karena mencegah reaksi kimia tertentu pada bahan makanan.

Jawabannya adalah B. Mencegah reaksi kimia tertentu pada bahan makanan.

Penjelasan

Penggunaan pengawet dalam pembuatan bahan makanan sebagian besar dilakukan untuk mencegah pertumbuhan bakteri, jamur, atau mikroorganisme lain yang dapat merusak makanan dan mempercepat kerusakan makanan.

Namun, dalam beberapa kasus, penggunaan pengawet juga dapat membantu mencegah atau menghambat reaksi kimia tertentu pada bahan makanan.

Contohnya, asam askorbat (vitamin C) dan asam sitrat sering digunakan sebagai pengawet pada produk-produk daging atau ikan yang dimaksudkan untuk diawetkan dengan cara pengeringan atau pengasapan. 

Selain mencegah pertumbuhan mikroorganisme, asam askorbat dan asam sitrat juga berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menghambat reaksi oksidasi pada lemak yang terdapat pada daging atau ikan, sehingga mencegah terbentuknya rancidity atau bau tengik pada produk.

Namun demikian, dalam penggunaan pengawet, perlu dipastikan bahwa bahan pengawet yang digunakan aman dan sesuai dengan batas maksimum yang diperbolehkan dalam peraturan yang berlaku.

Ketergantungan pada pengawet yang berlebihan dapat memberikan efek yang merugikan pada kesehatan dan dapat mengganggu nilai gizi dari makanan tersebut.

Baca juga: Kemasan fleksibel yang pertama sebelum ditemukannya plastik dan aluminium foil adalah?

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan karena?" beserta jawaban dan penjelasan. Demikian artikel yang dapat kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Pengawet digunakan dalam pembuatan bahan makanan karena?"