Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara?

Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dan interaksi antar individu di dalamnya. Sosiologi mencakup kajian tentang berbagai aspek kehidupan sosial seperti budaya, kekuasaan, struktur sosial, norma, nilai, dan perilaku sosial.

Tujuan sosiologi adalah untuk memahami bagaimana masyarakat berfungsi, bagaimana individu saling berinteraksi dan bagaimana perubahan sosial terjadi.

Melalui studi ini, sosiologi dapat membantu dalam memecahkan masalah sosial dan meningkatkan kualitas hidup di dalam masyarakat.

Lantas dalam sosiologi, aspek utama apa yang dipelajari oleh sosiologi? Berikut pertanyaan, jawaban, dan pembahasannya.

Pertanyaan

Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara ...

A. Manusia dengan lingkungan
B. Rakyat dengan penguasa
C. Masyarakat dengan budayanya
D. Kelas-kelas sosial di masyarakat
E. Manusia dengan manusia atau kelompok

Jawaban

Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara manusia dengan manusia atau kelompok.

Jawabannya adalah E. Manusia dengan manusia atau kelompok

Pembahasan

Interaksi antara manusia dengan manusia atau kelompok merupakan salah satu aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi. Sosiologi mempelajari berbagai macam bentuk interaksi sosial, seperti komunikasi, hubungan sosial, konflik, kooperasi, dan proses sosialisasi.

Interaksi sosial menjadi sangat penting karena menjadi dasar terbentuknya masyarakat sebagai suatu kesatuan yang kompleks. Sosiologi juga mempelajari berbagai faktor yang mempengaruhi interaksi sosial, seperti struktur sosial, budaya, ekonomi, politik, dan agama.

Melalui studi ini, sosiologi dapat membantu dalam memahami dinamika interaksi sosial dan memecahkan masalah sosial yang terkait dengan interaksi manusia dengan manusia atau kelompok.

Baca juga: Gotong royong sebagai perbuatan bangsa indonesia mengandung manfaat untuk?

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara?" beserta jawaban dan penjelasan. Demikian artikel yang dapat kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Aspek utama yang dipelajari oleh sosiologi adalah interaksi antara?"