Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Gotong royong sebagai perbuatan bangsa indonesia mengandung manfaat untuk?

Gotong royong adalah konsep dalam budaya Indonesia yang mengacu pada rasa kebersamaan dan kerjasama di mana individu bekerja bersama secara sukarela untuk mencapai tujuan bersama.

Istilah ini sering digunakan untuk menggambarkan upaya bersama untuk melakukan suatu tugas atau proyek, biasanya di lingkungan atau desa, tanpa harapan imbalan uang.

Ide dasar dari gotong royong adalah untuk membangun hubungan yang kuat dan rasa kebersamaan antar individu, sambil juga mencapai tujuan bersama.

Gotong royong menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia, lantas apa manfaat dari gotong royong? Berikut jawaban dan pembahasannya.

Pertanyaan

Gotong royong sebagai kebiasaan bangsa Indonesia mengandung manfaat untuk ....

A. Mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersama
B. Meningkatkan taraf hidup setiap warganya
C. Mewujudkan masyarakat yang lebih maju
D. Meringankan beban orang di sekitar kita

Jawaban

Gotong royong sebagai perbuatan bangsa indonesia mengandung manfaat untuk mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersama.

Jawabannya adalah A. Mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersama.

Pembahasan

Gotong royong merupakan konsep kebiasaan yang sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia yang mengacu pada rasa kebersamaan dan kerjasama di mana individu bekerja bersama secara sukarela untuk mencapai tujuan bersama.

Secara umum manfaat gotong royong adalah untuk mewujudkan keselamatan dan kesejahteraan bersama. Adapun manfaat gotong royong lainnya adalah sebagai berikut.

  1. Membangun hubungan sosial, artinya gotong royong membantu individu untuk membangun hubungan yang lebih baik dan erat satu sama lain, mempererat rasa kekeluargaan dan kebersamaan.
  2. Meningkatkan rasa percaya diri dan kepercayaan, artinya bekerja bersama dalam gotong royong dapat membantu individu untuk membangun rasa percaya diri dan kepercayaan pada diri mereka dan orang lain.
  3. Mencapai tujuan bersama, artinya kerjasama dan usaha bersama dalam gotong royong membantu individu untuk mencapai tujuan bersama dengan lebih efisien dan efektif.
  4. Meningkatkan keterampilan, artinya bekerja bersama dalam gotong royong dapat membantu individu untuk mempelajari keterampilan baru dan meningkatkan keterampilan yang sudah ada.
  5. Membangun masyarakat yang solid, artinya gotong royong membantu untuk membangun masyarakat yang lebih solid dan terintegrasi, mempererat ikatan antar anggotanya.
  6. Membantu pemberdayaan masyarakat, artinya gotong royong dapat membantu memajukan masyarakat dan membantu pemberdayaan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Gotong royong sebagai perbuatan bangsa indonesia mengandung manfaat untuk". Demikian artikel yang dapat kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Gotong royong sebagai perbuatan bangsa indonesia mengandung manfaat untuk?"