Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetik Huruf Arab di MS Word (Windows 8/8.1)

Cara mengetik tulisan arab di lembar kerja MS Word - Dulu saya pernah membagikan tutorial MS Word mengenai cara copy paste tulisan arab dari internet di MS Word agar tidak berantakan. Nah pada kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan tutorial yang masih berhubungan dengan tulisan arab dan MS Word yaitu cara mengetik tulisan/huruf arab di MS Word windows 8/8.1. Tutorial ini saya buat untuk Anda semua yang masih kesulitan mengetik huruf arab di lembar kerja MS Word, karena memang secara default MS Word atau lebih tepatnya keyboard di komputer/laptop tidak support huruf Arab.

Namun dengan melakukan beberapa pengaturan di Komputer atau Laptop, keyboard yang awalnya hanya berbentuk huruf alfabet bisa berubah menjadi huruf Arab. Akan tetapi tidak semua sistem operasi bisa diubah keyboardnya menjadi huruf Arab atau Arabic, nah jika anda pengguna SO Windows mengubah huruf di keyboard menjadi huruf Arabic cukuplah mudah, dan tentunya dengan cara ini bisa mengetik huruf Arab pada setiap masukkan di komputer dan tidak terkecuali di MS Word.

Sebelum itu, untuk setiap versi sistem operasi windows caranya cukup berbeda, contohnya windows 7 dan windows 8 yang cara pengaturannya sangat berbeda sekali. Nah, karena disini berhubung SO windows yang saya gunakan adalah windows 8, maka tutorial ini khusus windows 8, berikut tutorial mengenai cara mengetik huruf arab di lembar kerja MS Word.

Cara Mengetik Huruf Arab di MS Word (Windows 8/8.1)


Langkah #1 - Pertamas silahkan masuk ke Control Panel, untuk cara cepatnya tekan logo windows + R pada keyboard. Lalu ketikan "Control Panel" tanpa tanda petik lalu Enter.

Langkah #2 - Jika sudah masuk, kemudian lihat dibagian "Clock, Language, and Regian". Dibagian tersebut silahkan klik "Change input methods".


Langkah #3 - Setelah itu klik "Add a language" untuk menambahkan bahasa masukkan keyboard.


Langkah #4 - Selanjutnya pilih bahasa keyboard yang ingin digunakan, disini silahkan pilih "Arabic", jika sudah klik "Open".


Langkah #5 - Kemudian pilih font Arabic yaitu Arabic (Saudi Arabia), jika sudah klik Add.


Langkah #6 - Selanjutnya buka MS Word, lalu pilih paragraf "Align text Right (Ctrl+R)" karena memang tulisan arab harus dimulai dari kanan. Kemudian lihat dipojok kanan bawah disana klik tulisan "ENG" lalu pilih yang Arabic atau tekan logo windows + Space.


Langkah #7 - Nah untuk mengetahui huruf arabnya, silahkan gunakan aplikasi "On-Screen Keyboard". Tenang aplikasi ini bawaan dari windows silahkan cari sendiri. Berikut contohnya.


Nah mudah bukan cara mengetik tulisan arab di lembar kerja MS Word windows 8/8.1, dengan begitu anda bisa mengetik tulisan Arab dengan menggunakan keyboard. Sekian tips mengenai MS Word dan semoga bermanfaat.

2 comments for "Cara Mengetik Huruf Arab di MS Word (Windows 8/8.1)"

Komentar anda akan di moderasi terlebih dahulu baru akan di publish.