Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Selaput Pembungkus Paru-Paru Disebut?

Sistem pernapasan merupakan salah satu sistem penting dalam tubuh manusia yang memungkinkan kita untuk mengambil oksigen dari udara dan mengeluarkan karbon dioksida.

Paru-paru, organ utama dalam sistem pernapasan, memiliki perlindungan yang penting yang disebut selaput pembungkus paru-paru atau pleura.

Selaput pembungkus paru-paru ini memiliki peran krusial dalam menjaga integritas dan memfasilitasi pergerakan paru-paru selama proses pernapasan.

Pertanyaan


Selaput pembungkus paru paru disebut?

A. Pleura

B. Alveolus

C. Perikardium

D. Bronkus

Jawaban

Jawaban yang benar adalah A. Pleura

Selaput pembungkus paru paru disebut pleura.

Penjelasan

Selaput pembungkus paru-paru disebut pleura. Pleura terdiri dari dua lapisan yang berbeda, yaitu pleura parietalis dan pleura viseralis.

Pleura parietalis adalah lapisan pleura yang melekat pada dinding dada dalam rongga dada. Lapisan ini melapisi dinding dalam rongga dada, tulang rusuk, otot-otot dada, dan diafragma. Pleura parietalis ini memiliki sensasi nyeri yang dapat dirasakan jika terjadi peradangan atau gangguan pada area tersebut.

Pleura viseralis adalah lapisan pleura yang melapisi langsung permukaan luar paru-paru. Lapisan ini mengikuti bentuk paru-paru dan melindungi serta menyelubungi paru-paru. Pleura viseralis ini tidak memiliki sensitivitas nyeri, sehingga jika ada peradangan atau gangguan pada pleura viseralis, seperti infeksi atau cairan berlebih, sering kali tidak menimbulkan rasa sakit.

Kedua lapisan pleura ini, pleura parietalis dan pleura viseralis, membentuk rongga pleura yang mengandung cairan pleura. Cairan ini berfungsi untuk melumasi permukaan pleura agar memungkinkan pergerakan yang lancar saat paru-paru mengembang dan mengempis selama proses pernapasan.

Jadi, pleura adalah istilah yang mengacu pada selaput pembungkus paru-paru, yang terdiri dari pleura parietalis dan pleura viseralis.

Post a Comment for "Selaput Pembungkus Paru-Paru Disebut?"