Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Seorang Siswa yang Berprilaku Tasamuh adalah?

Tasamuh adalah sebuah konsep dalam bahasa Arab yang mengacu pada sikap saling menghargai dan menghormati antarindividu yang berbeda latar belakang, keyakinan, dan budaya.

Tasamuh berarti menerima perbedaan dan keberagaman sebagai sesuatu yang wajar dan menyadari bahwa keberagaman adalah anugerah dari Tuhan yang harus dihormati dan dijaga.

Tasamuh dalam konteks sosial, politik, dan keagamaan, mengajarkan untuk saling menghormati, saling menghargai, dan saling toleransi. Hal ini membawa dampak positif dalam kehidupan bermasyarakat, seperti terciptanya rasa harmoni, persatuan, dan keberagaman dalam kehidupan sosial.

Dalam praktiknya, tasamuh dapat diwujudkan dengan sikap terbuka dan mau mendengarkan pandangan orang lain, tidak menilai orang berdasarkan latar belakang atau keyakinan, tidak memaksakan pendapat atau keyakinan pada orang lain, dan mampu menghargai perbedaan dan keberagaman sebagai kekayaan yang harus dijaga.

Pertanyaan


Contoh seorang siswa yang berprilaku tasamuh adalah ...

A. Menganggap dirinya paling benar
B. Meremehkan pendapat orang lain
C. Tidak pernah ingkar janji
D. Tidak pernah membantu temannya
E. Senantiasa menghargai pendapat orang lain

Jawaban

Contoh seorang siswa yang berprilaku tasamuh adalah senantiasa menghargai pendapat orang lain.

Jawabannya adalah E. Senantiasa menghargai pendapat orang lain

Penjelasan

Seorang siswa yang berprilaku tasamuh akan senantiasa menghargai pendapat orang lain, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Contohnya, ketika sedang berdiskusi dalam kelompok, siswa yang berprilaku tasamuh akan mendengarkan pendapat teman-temannya dengan seksama dan tidak menghakimi atau memandang rendah pendapat orang lain, meskipun pendapat tersebut berbeda dengan pendapatnya sendiri.

Siswa yang berprilaku tasamuh juga tidak akan merendahkan atau memojokkan teman-temannya yang berasal dari latar belakang atau budaya yang berbeda. Ia akan memperlakukan teman-temannya dengan sama rata dan tidak membedakan orang berdasarkan latar belakang atau keyakinan.

Sebaliknya, ia akan berusaha untuk saling menghargai perbedaan dan keberagaman sebagai sesuatu yang positif dan dapat memperkaya pengalaman hidup bersama.

Dengan sikap yang tasamuh, seorang siswa dapat membantu menciptakan lingkungan sekolah yang ramah dan harmonis, di mana setiap orang merasa dihargai dan diakui keberadaannya.

Selain itu, sikap tasamuh juga dapat membantu meningkatkan kemampuan komunikasi dan kerjasama antarindividu, yang dapat berguna bagi kehidupan di masa depan.

Baca juga: Segala sesuatu yang dijadikan dasar ajaran islam disebut?

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Contoh Seorang Siswa yang Berprilaku Tasamuh adalah?" beserta jawaban dan penjelasan. Demikian artikel yang bisa kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Contoh Seorang Siswa yang Berprilaku Tasamuh adalah?"