Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kerajinan yang mengutamakan fungsi disebut fungsi?

Kerajinan adalah suatu produk tangan yang dibuat dengan keterampilan manual dan kreativitas. Kerajinan meliputi berbagai jenis produk seperti tas, perhiasan, keramik, tekstil, dan masih banyak lagi.

Kerajinan biasanya diproduksi secara artesanal dan memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi. Kerajinan seringkali dikenal sebagai produk unik dan bernilai karena proses pembuatannya yang membutuhkan keterampilan dan kreativitas yang tinggi.

Lalu, kerajinan yang mengutamakan fungsi disebut fungsi apa? Berikut jawaban dan penjelasannya.

Pertanyaan

Kerajinan yang mengutamakan fungsi disebut fungsi ...

A. Hias
B. Pakai
C. Estetika
D. Ergonomis
E. Ekonomis

Jawaban

Kerajinan yang mengutamakan fungsi disebut fungsi pakai.

Jawabannya adalah B. Pakai

Pembahasan

Kerajinan yang mengutamakan fungsi biasanya disebut "fungsi pakai". Fungsi pakai adalah suatu bentuk kerajinan yang dibuat untuk memenuhi suatu kebutuhan praktis seperti menyimpan barang atau melakukan suatu aktivitas tertentu.

Produk-produk ini biasanya memiliki bentuk yang sederhana dan praktis, dan diutamakan untuk digunakan daripada dilihat. Meskipun begitu, produk-produk kerajinan fungsional juga bisa memiliki estetika dan nilai seni yang tinggi.

Selain fungsi pakai, kerajinan juga memiliki beberapa fungsi, antara lain sebagai berikut.

  1. Fungsi ekonomi: Kerajinan dapat membantu perekonomian lokal dengan menciptakan lapangan kerja dan sumber pendapatan bagi para pekerja kerajinan.
  2. Fungsi Seni dan Budaya: Kerajinan memiliki nilai seni dan budaya yang tinggi karena merupakan ekspresi kreativitas dan keterampilan manual.
  3. Fungsi Edukasi: Kerajinan dapat digunakan sebagai alat untuk mengajarkan sejarah, tradisi, dan budaya lokal pada generasi muda.
  4. Fungsi kesejahteraan Sosial: Membuat dan memasarkan kerajinan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan sosial dan pemerataan pendapatan bagi masyarakat.
  5. Fungsi perdagangan: Kerajinan dapat menjadi produk ekspor dan membantu meningkatkan perdagangan antar negara.

Baca juga: Pengembangan produk kerajinan untuk pasar lokal adalah?

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Kerajinan yang mengutamakan fungsi disebut fungsi?" beserta jawaban dan penjelasannya. Demikian artikel yang dapat kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kerajinan yang mengutamakan fungsi disebut fungsi?"