Paku Azolla pinnata bisa dimanfaatkan sebagai pupuk karena?

 

Pernahkah kalian melihat tanaman paku? Tanaman paku, paku-pakuan atau pakis-pakisan adalah sekelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati, namun tidak pernah menghasilkan biji sebagai reproduksi seksualnya.

Tumbuhan atau tanaman paku cukup banyak jenisnya, salah satunya adalah paku Azolla pinnata. Tanaman ini merupakan jenis tanaman paku yang banyak ditemukan di daerah berair, karena memang berkembang dan hidupnya di permukaan air.

Tanaman ini punya akar yang muncul pada sisi bawah batang dan fungsinya untuk mengabi air, mineral, serta nutrisi untuk pertumbuhan. Tahukah Anda bahwa tanaman paku ini banyak dimanfaatkan sebagai pupuk? Berikut pertanyaan, jawaban, dan pembahasannya.

Pertanyaan

Paku Azolla pinnata bisa dimanfaatkan sebagai pupuk karena ...

A. Akarnya bisa menyerap zat hara lebih banyak.
B. Bersimbiosis dengan alga hijau-biru fotosintetik.
C. Bersimbiosis dengan alga hijau-biru pengikat nitrogen.
D. Bersimbiosis dengan bakteri nitrifikas.
E. Akarnya bisa mengikat nitrogen bebas dari udara. 

Jawaban

C. Bersimbiosis dengan alga hijau-biru pengikat nitrogen.

Pembahasan

Paku Azolla pinnata bisa dimanfaatkan sebagai pupuk karena mampu bersimbiosis dengan bakteri biru-hijau Anabaena azollae dan mengikat nitrogen langsung dari udara.

Azolla pinnata dikenal mampu bersimbiosis dengan bakteri biru-hijau Anabaena azollae dan mengikat nitrogen langsung dari udara. Potensi ini membuat Azolla digunakan sebagai pupuk hijau baik di lahan sawah maupun lahan kering.

Potensi ini membuat Azolla pinnata digunakan sebagai pupuk hayati yang baik untuk digunakan di lahan persawahan maupun di lahan kering karena dapat menyuburkan tanah.

Azolla pinnata merupakan tanaman yang berbatang dan bercabang yang banyak mengambang di permukaan air, akarnya tumbuh di dalam air, dan daunnya tumbuh berselang-seling pada batangnya.

0 Response to "Paku Azolla pinnata bisa dimanfaatkan sebagai pupuk karena?"

Post a Comment

Komentar anda akan di moderasi terlebih dahulu baru akan di publish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel