Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor internal yang menyebabkan kemunduran Kerajaan Singasari adalah?

Kerajaan Singasari, sebuah kerajaan Hindu yang berdiri di Jawa Timur pada tahun 1222 Masehi, adalah salah satu kekaisaran yang pernah menyinari sejarah Nusantara.

Didirikan oleh seorang akuwu (kepala daerah) di Tumapel bernama Ken Arok, kerajaan ini tumbuh menjadi kekuatan dominan di wilayahnya dan mencapai puncak kejayaannya dalam kurun waktu singkat.

Eksistensi Singasari dipenuhi dengan cerita-cerita heroik, kemenangan militer, dan penaklukan wilayah yang luas. Namun, seiring berjalannya waktu, gemilangnya kerajaan ini mulai terkikis dan mencapai akhirnya hanya dalam waktu singkat sekitar 70 tahun, dari tahun 1222 hingga 1292 Masehi.

Sebagai salah satu babad sejarah Indonesia, kemunduran Kerajaan Singasari telah menarik perhatian para sejarawan dan ahli arkeologi yang ingin mengungkap misteri di balik runtuhnya kekaisaran yang pernah begitu gagah ini. Dua peristiwa besar menjadi sorotan utama dalam cerita kemunduran Singasari tersebut.

Pertanyaan

Faktor internal yang menyebabkan kemunduran Kerajaan Singasari adalah ...

A. Serangan Jayakatwang bekerjasama dengan Aria Wiraraja.

B. Serangan bangsa Mongol dibawah pimpinan Kubilai Khan.

C. Pemberontakan kaum Brahmana dibantu oleh Ken Arok.

D. Pemberontakan para pengawal kerajaan bekerjasam dengan orang dalam istana.

E. Keberhasilan Raden Wijaya mendirikan Kerajaan Majapahit.

Jawaban

Jawaban yang benar adalah A. Serangan Jayakatwang bekerjasama dengan Aria Wiraraja.

Faktor internal yang menyebabkan kemunduran Kerajaan Singasari adalah serangan Jayakatwang bekerjasama dengan Aria Wiraraja.

Penjelasan

Faktor-faktor yang menyebabkan kemunduran dan keruntuhan Kerajaan Singasari dibedakan menjadi dua, faktor eksternal dan faktor internal.

Faktor eksternal adalah ekspansi bangsa Mongol di bawah pimpinan Kubilai Khan yang menyerang dan melemahkan kerajaan,dan faktor internal adalah pemberontakan Jayakatwang yang berhasil menguasai kerajaan dan membunuh raja Kertanegara.

Kertanegara adalah penguasa terakhir Singasari yang kuat dan ambisius. Namun, pada tahun 1292 Masehi, ia tewas dalam serangan dari Jayakatwang ketika sedang fokus untuk bersiap menghadapi serangan Mongol. Kematian Kertanegara meninggalkan kekosongan kekuasaan dan menyebabkan kekacauan politik di kerajaan, yang akhirnya menyebabkan keruntuhan dan berakhirnya Kerajaan Singasari pada tahun yang sama.

Sebagai akibat dari kemunduran Singasari, Raden Wijaya, menantu Kertanegara dan seorang mantan pengawal istana, berhasil memproklamirkan diri sebagai raja dan mendirikan Kerajaan Majapahit, yang menjadi kerajaan penerus Singasari dan berlangsung selama berabad-abad di Jawa Timur.

Post a Comment for "Faktor internal yang menyebabkan kemunduran Kerajaan Singasari adalah?"