Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah?

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering kali menghadapi situasi di mana kita ingin memiliki atau mendapatkan lebih banyak hal daripada yang dapat kita peroleh.

Fenomena ini tidak hanya terjadi pada tingkat individu, tetapi juga melibatkan seluruh masyarakat. Di sinilah konsep kelangkaan dalam ilmu ekonomi menjadi sangat relevan.

Kelangkaan adalah kondisi di mana sumber daya yang tersedia terbatas, sementara kebutuhan dan keinginan manusia tidak terbatas. 

Pertanyaan

 Pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah ...

A. Tidak meratanya pendapatan.

B. Tidak semua kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

C. Kebutuhan manusia beraneka ragam.

D. Banyak pengangguran.

E. Perlu bantuan pemerintah untuk mendistribusikannya.

Jawaban

Pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah tidak semua kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

Jawabannya adalah B. Tidak semua kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi.

Penjelasan

Dalam ilmu ekonomi, kelangkaan merujuk pada situasi di mana sumber daya yang tersedia terbatas sementara kebutuhan dan keinginan manusia tidak terbatas.

Ini berarti bahwa tidak semua kebutuhan atau keinginan masyarakat dapat dipenuhi sepenuhnya karena keterbatasan sumber daya yang ada.

Sumber daya ekonomi, seperti tenaga kerja, modal, bahan baku, dan waktu, memiliki batasan dalam jumlahnya. Di sisi lain, kebutuhan dan keinginan manusia tidak memiliki batasan yang jelas.

Manusia selalu memiliki keinginan baru, dan jumlah barang dan jasa yang ingin mereka miliki atau nikmati melebihi apa yang dapat diproduksi atau disediakan oleh sumber daya yang ada.

Akibat kelangkaan ini, masyarakat dan pengambil keputusan ekonomi harus membuat pilihan tentang alokasi sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang paling penting atau mendesak.

Proses ini melibatkan evaluasi relatif terhadap nilai dan prioritas dari berbagai kebutuhan dan keinginan yang ada.

Post a Comment for "Pengertian kelangkaan dalam ilmu ekonomi adalah?"