Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih?

Senam lantai adalah salah satu cabang olahraga senam yang dilakukan di atas lantai matras dengan ukuran 12 meter x 12 meter. Olahraga ini melibatkan serangkaian gerakan akrobatik, tarian, dan unsur-unsur kreatif lainnya yang dilakukan dengan ritme musik.

Senam lantai merupakan salah satu cabang senam artistik dan biasanya dipertandingkan dalam acara olimpiade dan kejuaraan dunia. Dalam senam lantai, setiap peserta melakukan serangkaian gerakan dan unsur-unsur tertentu yang dinilai berdasarkan kualitas teknis, keindahan, dan kreativitasnya.

Beberapa gerakan dan unsur-unsur yang sering dilakukan dalam senam lantai antara lain tumbling, backflip, front flip, handspring, dan cartwheel. Selain itu, penampilan senam lantai juga sering dilengkapi dengan unsur-unsur tarian dan ekspresi seni lainnya.

Senam lantai merupakan cabang olahraga yang memerlukan kekuatan, kelincahan, ketangkasan, serta kreativitas dalam melakukan gerakan dan penampilan yang spektakuler.

Olahraga ini dapat dijadikan sebagai bentuk latihan fisik yang efektif untuk mengembangkan kekuatan otot, fleksibilitas, dan koordinasi tubuh secara keseluruhan. 

Pertanyaan

Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih ...

A. Kekuatan
B. Keseimbangan
C. Daya tahan
D. Kecepatan

Jawaban

Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih keseimbangan.

Jawabannya adalah B. Keseimbangan

Pembahasan

Sikap lilin (candlestick) merupakan salah satu gerakan dasar dalam senam lantai yang bertujuan untuk melatih keseimbangan, kekuatan otot perut, serta fleksibilitas tubuh bagian atas.

Pada dasarnya, gerakan sikap lilin dilakukan dengan posisi tubuh yang dimulai dari posisi terlentang dengan kedua kaki dan lengan lurus ke atas, kemudian ditekuk ke arah kepala sehingga membentuk sebuah lingkaran dan akhirnya kembali ke posisi awal dengan perlahan-lahan.

Gerakan sikap lilin juga dapat dilakukan dalam variasi gerakan lainnya, seperti dari posisi duduk tegak atau dari posisi jongkok dengan lompatan ke atas dan membentuk sikap lilin di udara.

Selain melatih keseimbangan, gerakan sikap lilin juga membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot perut, pinggul, serta punggung.

Sikap lilin merupakan gerakan dasar yang harus dikuasai oleh setiap pesenam, dan seringkali digunakan sebagai unsur dalam rangkaian gerakan atau rutinitas senam lantai yang lebih kompleks.

Selain itu, gerakan ini juga dapat dilakukan dalam latihan fisik yang biasa dilakukan di luar senam lantai untuk meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas tubuh.

Baca juga: Berikut merupakan bentuk-bentuk latihan senam lantai, kecuali!

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih?" beserta jawaban dan penjelasannya. Demikian artikel yang dapat kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih?"