Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rasio waktu perakitan ideal terhadap waktu perakitan sebenarnya disebut?

Rasio waktu perakitan (assembly time ratio) adalah rasio antara waktu yang diperlukan untuk merakit atau menggabungkan suatu produk atau komponen dan waktu standar yang telah ditentukan untuk melakukan tugas tersebut.

Rasio ini digunakan untuk mengukur efisiensi produksi dan membandingkan produktivitas antara pekerja atau garis produksi yang berbeda. Rasio waktu perakitan dapat dihitung dengan membagi waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas tersebut dengan waktu standar yang ditetapkan untuk tugas tersebut.

Jika rasio ini lebih dari 1, maka waktu yang diperlukan untuk melakukan tugas tersebut lebih lama dari waktu standar yang ditetapkan, sedangkan jika rasio ini kurang dari 1, maka waktu yang diperlukan lebih cepat dari waktu standar yang ditetapkan.

Dalam industri, rasio waktu perakitan digunakan sebagai salah satu indikator kinerja produksi dan dapat digunakan untuk mengidentifikasi area di mana efisiensi produksi dapat ditingkatkan.

Dengan meningkatkan efisiensi produksi, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya produksi, sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan. 

Pertanyaan

Rasio waktu perakitan ideal terhadap waktu perakitan sebenarnya disebut ...

A. Efesiensi perakitan
B. Rancangan perakitan
C. Produktivitas perakitan
D. Presentasi perakitan
E. Kualitas perakitan

Jawaban

Rasio waktu perakitan ideal terhadap waktu perakitan sebenarnya disebut efesiensi perakitan.

Jawabannya adalah A. Efesiensi perakitan

Pembahasan

Secara umum, rasio waktu perakitan ideal dan waktu perakitan sebenarnya digunakan untuk menghitung efisiensi perakitan suatu produk atau komponen.

Namun, istilah "efisiensi perakitan" sendiri biasanya mengacu pada kemampuan suatu garis produksi atau pekerja untuk merakit atau menggabungkan produk dengan biaya dan waktu yang minimal, sambil mempertahankan standar kualitas yang tinggi.

Dalam hal ini, efisiensi perakitan dapat diukur dengan menggunakan rasio waktu perakitan ideal dan waktu perakitan sebenarnya. Jika rasio ini mendekati 1 atau sama dengan 1, maka dapat dikatakan bahwa garis produksi atau pekerja tersebut sangat efisien dalam melakukan tugas mereka.

Namun, jika rasio ini lebih dari 1, maka garis produksi atau pekerja tersebut perlu meningkatkan efisiensinya dengan mengidentifikasi dan menghilangkan waktu pemborosan dan meningkatkan produktivitas.

Dalam industri, efisiensi perakitan sangat penting untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan memenuhi standar kualitas yang tinggi dengan biaya dan waktu yang minimal.

Oleh karena itu, perusahaan sering melakukan analisis efisiensi perakitan secara teratur untuk meningkatkan kinerja produksinya.

Baca juga: Keuntungan penggunaan system lintasan perakitan manual adalah?

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Rasio waktu perakitan ideal terhadap waktu perakitan sebenarnya disebut?" beserta jawaban dan penjelasan. Demikian artikel yang dapat kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Rasio waktu perakitan ideal terhadap waktu perakitan sebenarnya disebut?"