Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kegiatan yang Melibatkan Peranan Sendi Pelana Terdapat pada Angka?

Sendi pelana adalah jenis sendi di mana ujung tulang yang satu memiliki bentuk mirip dengan pelana atau kursi, dan ujung tulang yang lainnya memiliki bentuk yang sesuai dengan pelana tersebut.

Bentuk pelana ini memungkinkan gerakan pada dua arah yang berbeda, yaitu fleksi dan ekstensi (maju-mundur) serta abduksi dan adduksi (membuka dan menutup).

Sendi pelana terdapat di beberapa bagian tubuh manusia, misalnya pada sendi pergelangan tangan antara tulang skafoid dan tulang kapitatum, serta pada sendi jari-jari pada pangkal jari telunjuk dan jari tengah.

Pertanyaan

Perhatikan kegiatan-kegiatan berikut!

  1. Memegang pensil saat menulis
  2. Menggengam sendok
  3. Menendang bola
  4. Mengangkat tangan saat lencang depan

Kegiatan yang melibatkan peranan sendi pelana terdapat pada angka ...

A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 3 dan 4

Jawaban

Kegiatan yang melibatkan peranan sendi pelana terdapat pada angka 1 dan 2 (Memegang pensil saat menulis dan menggengam sendok).

Jawabannya adalah A. 1 dan 2

Pembahasan

Kegiatan yang melibatkan peranan sendi pelana adalah memegang pensil saat menulis dan menggengam sendok.

Sendi pelana pada pergelangan tangan memungkinkan gerakan abduksi dan adduksi pada jari-jari tangan yang memungkinkan kita untuk memegang benda dan melakukan gerakan presisi seperti menulis dengan pensil atau menggenggam sendok saat makan.

Tanpa adanya sendi pelana, gerakan yang diperlukan untuk memegang dan memanipulasi benda-benda tersebut akan sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan.

Nah itulah dia artikel tentang pertanyan "Kegiatan yang Melibatkan Peranan Sendi Pelana Terdapat pada Angka?" beserta jawaban dan penjelasan. Demikian artikel yang dapat kimtuck.com bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Kegiatan yang Melibatkan Peranan Sendi Pelana Terdapat pada Angka?"