Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Isi Rapi Otomatis di MS Word

Cara membuat daftar isi rapi pada bagian titik-titik,- Daftar isi adalah sebuah halaman yang berisi kumpulan judul dari setiap halaman yang juga disertakan nomor halaman. Daftar isi biasanya digunakan dalam sebuah project yang memerlukan banyak halaman, seperti proposal, skripsi, makalah dan lain-lain. Daftar isi bisa dikatakan sangat penting untuk beberapa projek tersebut karena bisa memudahkan pembaca untuk mencari halaman yang dicari, oh ya daftar isi juga tidak hanya ada di tugas sekolah saja tapi ada juga di buku pelajaran atau buku yang mempunyai lembar yang banyak.

Untuk membuat daftar isi kebanyakan orang menggunakan software pengolah kata, karena software ini mampu membuat lembar kerja dokumen apa saja. Berbicara mengenai software pengolah kata yang paling populer mungkin banyak dari anda yang setuju dengan microsoft word, salah satu apikasi dari paket pengolah kata Microsoft Office ini, memang menjadi pilihan utama sebagai software untuk mengolah kata atau membuat dokumen. Terlebih lagi micorosoft office support segala jenis alat pencetak atau printer.

Kembali ke topik, untuk membuat daftar isi dengan menggunakan ms word cukup mudah, namun untuk hasilnya bisa berbeda jika menggunakan cara manual. Maksudnya disini membuat daftar isi dengan membuat titik-titik dengan cara manual, bila menggunakan cara manual biasanya bagian titik-titiknya tidak memiliki panjang yang sama, alhasil menjadikan daftar isi tidak rapi. Nah untuk itu silahkan gunakan cara dibawah ini untuk membuat daftar isi dengan titik-titik rapi di MS Word

Cara Membuat Daftar Isi Titik-Titik Otomastis Rapi MS Word


Langkah #1 - Pertama silahkan buka MS Word anda bisa semua versi, namun disini sebagai contoh saya menggunakan MS Word 2007. Jika sudah pastikan ms word anda sudah pada bagian ruler udah aktif, jika belum silahkan lakukan cara dibawah ini.


Langkah #2 - Kemudian silahkan buat daftar isinya, lalu klik dua kali di lembar kerja Ms. Word, maka otomatis akan muncul tanda "L" dibagian ruler. Silahkan buat satu lagi tanda "L" dan aturlah posisinya seperti gambar dibawah ini.


Langkah #3 - Setelah itu silahkan klik salah satu Tanda "L"Tersebut. maka akan muncul tampilan FORM pengaturan. untuk pengaturannya bisa dilihat di bawah ini.

Pengaturan:

  • Tab stop position dan Default tab stops: Biarkan seperti itu atau Abaikan saja.
  • Alignment: Silahkan pilih Right
  • Leader: Silahkan pilih 2....
  • Terakhir tinggal Set dan OK


Langkah #4 - Jika sudah kemudian silahkan perhatikan pada Tanda "L" dibagian rules, pastikan tanda tersebut sudah terbalik, atau berlawanan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.


Langkah #5 - Setelah itu biasanya tanda Titik-Titik akan otomastis muncul, Jika tidak silahkan letakkan kursor dibagian akhir salah satu bagian daftar isi lalu tekan tombol TAB pada keyboard. maka otomatis titik-titik akan terisi otomatis dengan ukuran yang sama dan jangan lupa selanjutnya kasih juga No Halaman.


Nah itulah cara terbaik dalam membuat daftar isi yang dijamin akan rapi pada bagian titik-titiknya, demikian artikel mengenai tips ms word yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membuat Daftar Isi Rapi Otomatis di MS Word"